address icon Visit Our Office: Jl. Karang Mas, Jimbaran, Bali
call icon Call us now +62811-939-770

Hunian Berkelas & Nyaman di Jimbaran yang Taat Hukum Perumahan Indonesia

Hunian Berkelas & Nyaman di Jimbaran yang Taat Hukum Perumahan Indonesia

November 17,2019 0 comments

Rumah sebagai kebutuhan primer manusia, tentunya tidak bisa dipilih secara asal-asalan. Tidak usah bicara masalah harga rumah terlebih dahulu, namun kondisi bangunan dari rumah yang hendak ditempati harus lebih dulu dipertimbangkan.

Desa Jimbaran, Bali merupakan desa yang sedang gencar-gencarnya mengembangkan sektor pariwisata. Tak heran jika beberapa orang tertarik untuk memiliki rumah sebagai tempat tinggal dan menetap di sini.

Maka dari itu, beberapa developer pun mencoba mengambil langkah untuk proyek perumahan di Desa ini. Targetnya tentu saja konsumen-konsumen yang memang sedang membutuhkan tempat tinggal pribadi, dan mungkin Anda adalah salah satunya.

Jika Anda adalah salah satu yang ingin memiliki rumah dan mencoba memilih perumahan di Desa Jimbaran sebagai tempat tinggal Anda.

Ada hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli perumahan tersebut. Jangan sampai karena Anda sembarangan membeli rumah, kemudian Anda menyesal pada akhirnya.

Apakah Aturan Hukum Tentang Perumahan?

Poin yang perlu Anda perhatikan adalah aturan hukum tentang perumahan yang baik dan layak. Pemerintah secara garis besar mengizinkan proyek pembangunan perumahan bagi para developer.

Namun, ada aturan tentang cara perencanaan lingkungan perumahan yang diatur dalam SNI 03-1733-2004. Berdasarkan hal tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan pembangunan lingkungan perumahan, antara lain :

1)    Kriteria keamanan dengan mempertimbangkan tempat perencanaan pembangunan tersebut tidak berada di kawasan lindung, olahan pertanian, hutan produksi, daerah rawan gempa, area bandara, atau di daerah dekat jaringan listrik bertegangan tinggi.

2)   Kriteria kesehatan dengan mepertimbangkan bahwa daerah tempat perencanaan pembangunan perumahan bukan di daerah yang memiliki pencemaran udara di atas ambang batas, daerah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan daerah dengan kadar pencemaran air permukaan yang tinggi.

3)   Kriteria kenyamanan dengan mempertimbangkan kemudahan aksesibilitas, komunikasi, transportasi dan ketersediaan sarana prasarana.

4)   Kriteria Keindahan, dengan mempertimbangkan untuk menjaga alam seperti keadaan penghijauan, karakteristik topografi dan lingkungan yang ada.

5)   Kriteria fleksibilitas dengan mempertimbangkan pertumbuhan penduduk dan pemekaran lingkungan perencanaan pembangunan perumahan

6)   Kriteria Keterjangkauan Jarak dengan mempertimbangkan jarak pencapaian yang ideal bagi seseorang untuk tiba di tempat prasarana utilitas lingkungan.

7)   Kriteria Lingkungan Berjati Diri, dengan mempertimbangkan keterkaitan dengan keadaan sosial budaya masyarakat setempat.

Akhir-akhir ini, banyak developer yang menawarkan konsep perumahan, baik yang subsidi maupun non-subsidi. Namun, dengan memperhatikan poin dalam aturan hukum pembangunan perumahan di atas, Anda harus bijaksana dalam memilih proyek yang ditawarkan oleh developer tersebut.

Jangan sampai, Anda membeli rumah dari developer perumahan yang salah. Simak ulasan tentang hukum pembangunan perumahan berikut.

Apa Dampak Membeli Perumahan Melalui Developer Yang Melanggar Aturan?

Bagi developer yang lalai dalam hal aturan hukum perumahan akan mendapatkan kan sanksi sesuai dengan undang-undang yang berlaku seperti Undang-Undang No. 8 Pasal 62 ayat (1) UU Perlindungan Konsumen dan juga UU perumahan Pasal 150 dan pasal 134.

Meskipun sebagai konsumen Anda tetap dilindungi oleh hukum, tapi bisa saja mengalami kerugian. Kerugian-kerugian tersebut di antaranya:

1)    Kerugian materiil, berupa besarnya uang yang telah Anda bayarkan kepada developer perumahan tersebut. Selain itu, jika Anda harus membawa ke meja hukum, Anda akan dikenakan biaya-biaya seperti pendaftaran gugatan, ongkos Lawyer, dan segala biaya yang diperlukan dalam persidangan.

2)   Kerugian immateriil, berupa kerugian yang Anda rasakan secara jiwa seperti merasa tidak nyaman karena perumahan yang Anda peroleh tidak memenuhi syarat kriteria yang berlaku.

3)   Anda harus mengulangi lagi dari awal. Jika perumahan yang Anda beli tidak bisa memberikan rasa aman, nyaman, dan bahagia bagi Anda. Maka. Anda harus mencari tempat tinggal baru. Mungkin saja Anda akan memutuskan untuk membeli rumah baru. Dengan demikian Anda banyak membuang waktu karena harus mengulang proses pembelian perumahan.

Bagaimana Agar Terhindar dari Developer Yang Tidak Patuh Aturan?

Maka itu, pastikan agar Anda lebih bijak sebelum menentukan pilihan Anda. Di Desa Jimbaran saat ini juga sangat banyak developer yang menawarkan proyek pembangunan perumahannya.

Tapi, hanya  Mourindoland yang telah terbukti mumpuni dan berpengalaman dalam proyek pembangunan rumah.

Mourindoland developer yang memiliki berbagai proyek pembangunan di Jimbaran, Bali. Mourindoland, Felgio Villa & Residence Jimbaran, Bali akan menyediakan perumahan bagi Anda yang sesuai dengan aturan hukum dan undang-undang di Indonesia mengenai pengembangan perumahan.

Dapatkan hunian impian Anda dengan menghubungi tim sales kami di bawah ini:

Felgio Villa & Residence
Alamat : JL. Korji II , UNGASAN , BALI , INDONESIA
EMAIL : INFO@MAURINDOLAND.COM
CALL/SMS/WHATSAPP : +62811 939 770

Comment

× How can I help you?