address icon Visit Our Office: Jl. Karang Mas, Jimbaran, Bali
call icon Call us now +62811-939-770

Berinvestasi Properti di Jimbaran Bali? Yuk, Cek Tips Memilih Kontraktor Ideal

Berinvestasi Properti di Jimbaran Bali? Yuk, Cek Tips Memilih Kontraktor Ideal

November 17,2019 0 comments

Sekarang ini bangunan tidak akan dianggap layak huni jika tidak dilengkapi dengan fasilitas-fasilatas lain seperti listrik, saluran air, dan perlengkapan pendukung lainnya.

Untuk mendapatkan semua itu butuh waktu yang lama dan proses yang rumit jika dikerjakan sendiri. Maka dari itu, untuk proses pembangunan rumah dan bangunan-bangunan lain diperlukan peran serta pekerja kontraktor.

Bahkan tak jarang yang pada akhirnya menyerahkan segala hal kepentingan membeli atau membangun rumah untuk kontraktor.

Apa Itu Kontraktor Bangunan?

Kontraktor Bangunan secara umum dapat diartikan sebagai sebuah badan yang mengupayakan atau melakukan aktivitas pengadaan bangunan dengan barang dan jasa yang dibayarkan dengan nilai kontrak yang telah disepakati antara pihak kontraktor dan konsumen.

Ada yang menyatakan kesamaan antara kontraktor dengan pemborong. Memang secara fungsi, kontraktor dan pemborong adalah hal yang sama.

Namun, untuk kontraktor lebih ditujukan kepada badan yang telah memiliki izin usaha resmi. Dengan demikian, memilih jasa kontraktor bangunan lebih aman bagi Anda dibandingkan menggunakan jasa pemborong.

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Kontraktor Bangunan?

Setelah Anda mengetahui kelebihannya, bahwa kontraktor bangunan memiliki izin usaha yang resmi. Dengan demikian, proyek yang dikerjakan oleh kontraktor biasanya untuk proyek-proyek yang besar.

Menggunakan jasa kontraktor, akan ada kesepakatan yang dibuat secara tertulis dan ditandatangani oleh kedua belah pihak, yaitu konsumen dan kontraktor.

Dalam surat perjanjian tersebut, terdapat hak dan kewajiban dari masing-masing pihak, sehingga mengikat satu sama lain. Seandainya terjadi perselisihan yang tidak diduga atau tidak dapat diselesaikan dengan musyawarah, maka kedua belah pihak dapat maju ke ranah hukum untuk menyelesaikan perselisihan tersebut.

Apa Saja Ruang Lingkup Kerja Kontraktor Bangunan?

  1. Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Surat Perjanjian Kerja (SPK)

Banyak hal-hal yang perlu dibicarakan dan disepakati antara pihak kontraktor bangunan dan calon konsumen sebelum proses pengerjaan proyek rumah.

Pihak Kontraktor akan melakukan beberapa kali pertemuan dengan calon konsumen untuk membahas Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Surat Perjanjian Kontrak Kerja (SPK).

Selain itu, kontraktor juga perlu melakukan survey ke lokasi proyek rumah yang akan dibangun. Di saat survey, kontraktor akan melakukan pengukuran dengan detail untuk kepentingan pembuatan SPK yang lebih akurat.

  1. Sistem Pembayaran untuk Kontraktor Bangunan

Setelah terjadi kesepakatan antara pihak kontraktor dan konsumen, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Ada dua cara pembayaran, jika Anda menggunakan layanan jasa kontraktor bangunan, yaitu sistem pembayaran termin dan sistem pembayaran cost and fee.

Sistem pembayaran termin (bertahap) adalah pembayaran yang dilakukan dengan beberapa kali pembayaran, namun di awal konsumen harus menyerahkan DP terlebih dahulu. Besarnya DP berbeda-beda pada setiap kontraktor. Kemudian, sisa pembayarannya akan dilakukan dengan perjanjian yang telah disepakati pada SPK.

Dalam sistem pembayaran cost and fee, kontraktor hanya bertindak sebagai pengelola proyek dengan mengambil 10% dari nilai proyek sebagai upahnya. Sebelum terjadi perjanjian, Kontraktor sudah menyiapkan anggaran dan jadwal sehingga perkembangan biaya proyek bisa diketahui oleh konsumen. Selain itu, konsumen juga dapat mengetahui berapa besar anggaran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sistem ini bisa membuat konsumen mengeluarkan anggaran yang berbeda setiap bulannya.

  1. Lingkup Kerja Lainnya

Kontraktor bangunan bukan hanya mengerjakan pembangunan rumah saja, melainkan ada beberapa pekerjaan lain yang dikerjakan setelah konstruksi selesai. Lingkup kerja tersebut antara lain:

  • Pekerjaan mekanikal, yaitu lingkup pekerjaan kontraktor yang berkaitan dengan mesin seperti eskalator dan lift untuk gedung-gedung yang besar, pemasangan pompa air, AC, dan instalasi pendukung lainnya.

  • Pekerjaan elektrikal, yaitu lingkup pekerjaan kontraktor yang berkaitan dengan instalasi listrik.

  • Pekerjaan plumbing, yaitu lingkup pekerjaan yang berkaitan dengan pemipaan pada bangunan.

  • Pekerjaan Fire Hydrant, yaitu lingkup pekerjaan kontraktor yang berkaitan dengan instalasi air untuk menanggulangi jika suatu hari nanti terjadi kebakaran pada gedung tersebut.

Bagaimana Memilih Kontraktor Bangunan Yang Tepat?

Dalam setiap kontraktor bangunan, pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda harus jeli dan berhati-hati sebelum menggunakan jasa kontraktor. Penting bagi Anda mencari tahu kebenaran informasi dari kontraktor yang ingin Anda gunakan jasanya.

Di mana Bisa Mendapatkan Kontraktor Yang Berkualitas?

Jika Anda tinggal di daerah Jimbaran, maka Anda tidak perlu khawatir dan susah-susah mencari kontraktor untuk pembangunan atau pembelian rumah Anda di sini.

Atau jika Anda ingin memiliki hunian di daerah Jimbaran, Bali yang saat ini perkembangannya di bidang pariwisata sangat pesat, Anda juga tidak perlu pusing memikirkan kontraktor yang berkualitas.

Bagi Anda yang ingin memiliki rumah atau properti di Jimbaran, Bali untuk tempat tinggal Anda dan keluarga, atau untuk investasi properti, maka tujuan yang Anda butuhkan adalah Mourindoland, Felgio Villa & Residence Jimbaran, Bali.

Mourindoland telah terbukti berpengalaman di berbagai proyek pembangunan perumahan, villa, perkantoran, dan lain-lainnya.

Segera percayakan proyek hunian Anda kepada Mourindoland. Kontak kami di bawah ini:

Felgio Villa & Residence
Alamat : JL. Korji II , UNGASAN , BALI , INDONESIA
EMAIL : INFO@MAURINDOLAND.COM
CALL/SMS/WHATSAPP : +62811 939 770

Comment

× How can I help you?